Sebelum Beli, Pastikan untuk Tahu Macam Macam Baja Ringan

Sebelum Beli, Pastikan untuk Tahu Macam Macam Baja Ringan

Di zaman yang sudah sangat maju sekarang ini, banyak dijumpai material modern yang semakin membuat pembangunan menjadi jauh efektif dan efisien. Salah satu material bangunan yang sekarang ini tengah populer dikalangan masyarakat modern yaitu menggunakan atap baja ringan yang terbukti lebih kokoh dan tahan lama. Lalu, sudahkah Anda mengetahui macam macam baja ringan yang ada di pasaran dan harga galvalum?

Macam Macam Baja Ringan

Berbicara tentang penggunaan baja ringan dalam sebuah konstruksi memang sudah tidak asing lagi. Bahkan sekarang banyak orang yang mulai berpindah dari baja konvensional seperti kayu menjadi baja ringan. Tentu saja hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat baja ringan terkenal memiliki banyak sekali kelebihan. Nah, apa saja kelebihan dan macam-macamnya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal Tentang Macam Macam Baja Ringan

Apa itu Baja Ringan?

Sebenarnya apa itu baja ringan? Sebagian dari kita mungkin masih cukup asing dengan material bangunan yang satu ini. Oleh karenanya, sebelum membahas lebih jauh tentang macam macam baja ringan sekaligus kelebihannya, maka penting sekali memahami karakteristik material yang satu ini. Jika dilihat secara lebih spesifik, baja ringan merupakan salah satu jenis material yang terbuat dari galvalum.

Baja ringan merupakan material baja yang mana dilapisi dengan beberapa unsur seperti karbon, alumunium, dan juga zinc. Dengan adanya kandungan tersebut membuat material ini tahan terhadap korosi dan sesuai dengan standar ISO. Jika dilihat secara fisik, material baja ringan sangat ringan dan tipis. Namun, meski begitu kualitas atau kekuatan yang dihadirkan nya tidak kalah dengan material baja lainnya.

Saat ini, tidak dapat di pungkiri keberadaan baja ringan dalam dunia konstruksi bisa dikatakan sangat penting. Tak heran jika sekarang banyak dijumpai konstruksi atau bangunan modern yang menggunakan material ini untuk bagian atapnya. Karena tahan terhadap karat dan juga korosi membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya.

Macam Macam Baja Ringan

Setelah mengetahui tentang karakteristik dari material baja ringan, maka selanjutnya kita perlu memahami tentang jenis atau macam baja ringan yang tersedia di pasaran. Seperti yang diketahui, di pasaran ada banyak sekali jenis baja ringan yang mana masing-masing memiliki fungsi khusus. Nah, bagi Anda yang masih belum tahu apa saja macam macam baja ringan, simak ulasannya berikut.

  • Baja Ringan Jenis Bondek

Macam macam baja ringan pertama yaitu bondek yang mana merupakan salah satu jenis material baja yang sudah sangat populer dikalangan masyarakat. Untuk jenis bondek ini umumnya digunakan dalam rangka pengaplikasian pada tulangan satu arah. Namun, terkadang jenis ini juga digunakan untuk proyek yang berkaitan dengan konstruksi bangunan beton.

Hampir sama dengan lainnya, baja ringan jenis bondek ini juga memiliki kelebihan khusus dalam pengaplikasiannya. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh baja jenis ini yaitu waktu pengerjaan yang jauh lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan jenis lainnya. Tidak hanya pemasangan saja, untuk pembongkarannya pun juga relatif lebih cepat dan mudah.

  • Baja Ringan Jenis Spandek

Macam macam baja ringan selanjutnya yang tidak kalah populer yaitu baja ringan jenis spandek. Umumnya penggunaan spandek dalam konstruksi yaitu dijadikan sebagai penutup dan ada juga yang mengaplikasiakannya ke bagian dinding. Penggunaan jenis spandek ini tidak hanya digunakan untuk bangunan rumah saja tetapi juga industri dan bangunan komersial lainnya.

Dalam hal pemasangan juga hampir sama dengan jenis sebelumnya yakni lebih mudah dan cepat. Namun, selain itu baja ringan jenis ini juga memiliki beberapa kelebihan khusus yang tentu akan membuat bangunan rumah Anda semakin lebih aman dan nyaman. Karena bentuknya berupa lembaran, baja ringan jenis ini sangat mudah dalam hal pemasangan.

  • Baja Ringan Jenis Truss

Satu lagi macam macam baja ringan yang juga banyak dijumpai di pasaran adalah jenis truss. Tidak kalah dengan jenis sebelumnya, baja ringan jenis truss ini juga sangat populer di dunia konstruksi. Bahkan mungkin di lingkungan Anda sudah banyak dijumpai baja ringan jenis ini. Untuk baja ringan jenis truss ini terbuat dari material utama berupa zinc.

Untuk pemasangannya, jenis truss ini juga memiliki sifat fleksibel sehingga sangat cepat dan mudah saat di pasang. Bahkan menariknya lagi, sifat dari bahan yang satu ini jauh lebih tahan lama dan juga anti karat dibandingkan dengan jenis sebelumnya. Dengan begitu, tentu saja akan sangat menguntungkan jika Anda menggunakan truss untuk konstruksi rumah Anda.

Sebelum Beli Baja Ringan, Ketahui 3 Hal Penting Berikut

Pastikan Bentuk Atapnya

Setelah membahas tentang pengertian dan juga macam-macam baja ringan dalam dunia konstruksi, selanjutnya kita akan membahas tentang tips membeli material baja ringan. Agar mendapatkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan harapan Anda, maka pastikan untuk tidak terburu-buru dalam memilih baja ringan yang ada di pasaran.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih material baja ringan, salah satunya adalah dengan membuat bentuk atap yang diinginkan. Perlu diketahui bahwa bentuk atap ini sangat berpengaruh terhadap keindahan estetika rumah Anda. Atap menjadi mahkota sebuah rumah yang harus diperhatikan keindahan atau estetikanya. Jadi, pastikan untuk memilih atap yang sesuai dengan desain Anda ya!

Buat Rancangan yang Jelas

Selanjutnya hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yaitu pastikan untuk membuat rancangan yang jelas. Rancangan ini nantinya menentukan bentuk kuda-kuda jark dan juga kebutuhan dalam pemasangannya. Jika Anda sudah memiliki rancangan yang jelas maka selanjutnya Anda bisa melakukan perhitungan estimasi dana yang harus dikeluarkan dalam proses pemasangannya.

Berbeda ketika Anda menggunakan rangka dari bahan kayu, maka Anda bisa mengukur dan menghitung pada rangka atapnya. Namun, saat Anda memutuskan untuk menggunakan rangka baja maka dibutuhkan perhitungan yang lebih khusus untuk menghindari kesalahan dalam perhitungannya. Perlu diingat, jika salah dalam perhitungannya tentu saja rangka atap tidak akan berdiri dengan sempurna.

Pastikan Bahan Berkualitas

Ketika rancangan sudah dibuat sedemikian rupa, maka selanjutnya adalah memilih macam macam baja ringan yang diinginkan. Selain itu, pertimbangan lainnya yang juga perlu diperhatikan yaitu bahan yang digunakan dalam baja ringan tersebut. Agar hasilnya sesuai dengan keinginan Anda, maka pastikan untuk memilih bahan yang bagus dan berkualitas.

Pemilihan atap yang terbuat dari bahan SNI sangat dianjurkan karena sudah terjamin mutu dan keamanannya. Nah, untuk bisa mendapatkan material yang berkualitas tersebut, maka disarankan untuk membeli di pembeli atau agen terpercaya. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi khawatir dengan kualitas barang yang ditawarkan.

Nah, itulah beberapa informasi tentang macam macam baja ringan beserta tips agar mendapatkan produk material baja yang bagus dan berkualitas. Untuk meminimalisir kesalahan dalam pemesanan, maka sebaiknya untuk menerapkan beberapa tips di atas. Semoga informasi di atas membantu Anda menemukan baja ringan berkualitas sesuai keinginan.