Intip Berbagai Macam Jenis, Ukuran Beserta Harga Baja Ringan

Intip Berbagai Macam Jenis, Ukuran Beserta Harga Baja Ringan

Tertarik untuk mengganti atap rumah Anda menggunakan baja ringan? Jika iya, simak terlebih dahulu jenis, ukuran dan harga baja ringan yang ada di pasaran. Berbicara tentang rangka baja ringan, memang sekarang tengah populer dikalangan masyarakat modern. Rangka jenis ini terbukti memiliki banyak sekali kelebihan sehingga mampu menggantikan rangka konvensional yang terbuat dari kayu.

Harga Baja Ringan

Sesuai dengan namanya rangka terbaru ini terbuat dari bahan baja yang ringan dan juga tahan lama. Jika sebelumnya banyak orang yang menggunakan rangka kayu pada rumahnya, sekarang ini mulai berpindah ke jenis rangka baja ringan karena lebih praktis dan terjangkau. Untuk Anda yang sedang bingung mencari material untuk atap rumah ini, pastikan untuk menyimak beberapa ulasan berikut.

Ketahui Jenis, Ukuran dan Harga Baja Ringan Terbaru

Apa itu Baja Ringan?

Baja ringan merupakan sebuah material yang dibentuk dalam kondisi dingin. Umumnya material ini memiliki ketebalan sekitar 0.4 mm hingga 3.0 mm yang mana sifatnya masih ringan dan tipis. Meski begitu, kekuatan yang ditawarkan oleh material baja jenis ini tidak kalah dengan material baja konvensional. Sebelum Anda menggunakannya, maka akan lebih baik jika mengetahui jenis dan ukurannya.

Seperti yang diketahui, di pasaran ada banyak sekali berbagai pilihan baja ringan yang mana masing-masing memiliki ukuran yang berbeda. Selain jenis dan ukuran yang berbeda, harga baja ringan di pasaran juga cenderung bervariasi. Semakin bagus bahan yang digunakan dalam baja ringan tersebut, maka harga banderolnya juga jauh lebih mahal. Mengapa demikian?

Umumnya semakin bagus bahannya maka ketahanan dan kekuatannya juga semakin tinggi. Untuk itu jika Anda ingin mencari baja ringan, pastikan bahwa produk yang Anda pilih tersebut benar-benar bagus dan berkualitas.

Ukuran Baja Ringan

Sebelum membahas terkait harga baja ringan di pasaran, maka kita juga perlu mengetahui berapa saja ukurannya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, setiap jenis model baja ringan yang terdapat di pasaran memiliki dimensi ukuran atau ketebalan yang berbeda-beda. Umumnya, untuk standar baja ringan yang digunakan dalam pembangunan atau konstruksi yaitu:

  • Kuda-kuda atap : Ketebalan 0.75-1.00 mm pada bagian batang utama
  • Reng ukuran ketebalan sekitar 0.40-0.60mm
  • Tinggi ukuran profit 70-110mm
  • Tinggi batten atau reng tinggi mulai dari 31-60mm

Jenis/bentuk Atap Baja Ringan

Setelah mengetahui tentang ukuran baja ringan, maka selanjutnya kita perlu membahas tentang jenis atau model dari baja ringan itu sendiri. Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak sekali pilihan baja ringan yang tersedia di pasaran. Sehingga kita bisa memilih model atau jenis apa yang kita inginkan, tentunya disesuaikan dengan bujet dan kebutuhan. Berikut ini beberapa jenisnya:

  • Baja Ringan C/Canal

Dari beberapa jenisnya, model yang satu ini memang lebih banyak dipilih karena mudah dalam pengamplikasiannya. Bahan yang digunakan untuk pembuatan baja ringan ini yaitu plat baja gaya tarik yang dilapisi dengan seng dan alumunium. Kelebihan dari bahan seng atau aluminum ini yaitu anti karat dan rayap.

  • Baja Ringan Reng

Jenis baja ringan selanjutnya tidak kalah populer yaitu model reng. Selain harga baja ringan ini yang cukup terjangkau, salah alasan mengapa banyak orang yang menggunakannya yaitu karena bentuknya yang unik yaitu trapesium. Fungsi utama material ini yaitu sebagai peletak atap yang mana biasanya memiliki ketebalan sekitar 0.45mm.

  • Baja Ringan Taso

Satu lagi jenis baja ringan yang tidak boleh dilewatkan adalah baja ringan Taso. Baja ringan dengan merek Taso ini memiliki ketebalan sekitar 0.75mm dan 1mm dengan tinggi sekitar 7.5cm. Sedangkan untuk lebar kakinya yaitu sekitar 3,5 cm dengan panjang 6 meter per batangnya.

Harga Baja Ringan Terbaru

Berapa harga jual baja ringan di pasaran saat ini? Bagi Anda yang sedang mencari material baja ringan tentu akan penasaran dengan harganya di pasaran. Seperti yang diketahui bahwa harga baja ringan bisa dikatakan cukup bervariasi, hal tersebut sesuai dengan merek dan bahan yang digunakannya. Semakin bagus bahannya maka harga jualnya juga semakin mahal.

Saat ini, harga baja ringan yaitu mulai dari Rp 70 ribu per meternya. Namun perlu diingat, harga tersebut berbeda-beda di setiap agen atau toko. Pastikan jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan karena yang terpenting Anda perlu melihat secara langsung kualitas dari produk yang Anda beli tersebut.

Kelebihan Baja Ringan untuk Rumah Modern

Anti Rayap dan Anti Karat

Setelah membahas tentang jenis, ukuran beserta harga baja ringan, maka selanjutnya kita akan mencari tahu apa saja kelebihan dari material baja ringan. Nah, perlu diketahui, salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh material yang satu ini yaitu anti rayap dan juga anti karat. Tidak seperti kayu, material ini tidak mudah terserang hama sehingga tahan lama.

Tidak hanya itu, baja ringan umumnya terbuat dari material logam yang anti karat sehingga sangat mudah dalam hal perawatan. Dengan menggunakan material ini tentu Anda tidak perlu sering mengganti layaknya ketika Anda menggunakan material kayu untuk atap rumah.

Harga yang Terjangkau

Beberapa orang mungkin mengira bahwa harga baja ringan di pasaran mahal. Namun tahukah Anda harga material ini terbilang masih cukup terjangkau. Dengan banyaknya keuntungan yang diberikan, harga yang ditawarkan bisa dikatakan cukup sepadan. Ada banyak sekali pilihan produk yang mana masing-masing di banderol dengan harga yang berbeda-beda. Jadi pastikan untuk memilih sesuai bujet ya!

Proses Pemasangan Mudah

Kelebihan selanjutnya yang ditawarkan oleh material baja ringan yaitu mudah dalam proses pemasangan. Sesuai dengan namanya, material yang satu ini terbuat dari bahan yang sangat ringan sehingga lebih memudahkan dalam proses konstruksi. Tentu saja hal tersebut akan berdampak pada kecepatan waktu dan biaya dalam pengerjaannya.

Umumnya untuk pemasangan baja ringan ini hanya membutuhkan waktu 3 hari sampai satu minggu tergantung tingkat kesulitannya. Semakin sulit model atau jenis yang digunakan maka proses pemasangannya juga semakin lama.

Daya Tahan Jangka Panjang

Tahukah Anda bahwa material baja ringan ini memiliki kualitas daya tangan yang sangat baik. Hal tersebut lantaran tak mudah lapuk atau mengalami penyusutan. Meskipun dilihat dari bentuknya lebih lentur dibandingkan dengan baja konvensional, baja ringan ini sangat kuat dan juga kokoh. Selain itu, ia juga cenderung mampu menahan kestabilan bangunan dibandingkan dengan menggunakan kayu.

Setelah melihat kelebihan yang ditawarkan oleh material baja ringan, apakah Anda tertarik untuk memilikinya? Jika iya, segera pilih model atau bentuk yang Anda butuhkan untuk membuat rumah Anda lebih aman dan nyaman. Tunggu apalagi? Jangan sampai Anda ketinggalan ya!

Itulah sedikit ulasan singkat tentang jenis, ukuran, harga baja ringan beserta kelebihannya. Jika berminat untuk menggunakannya, pastikan untuk membeli di agen atau toko yang jual produk baja ringan berkualitas. Semoga bermanfaat!